Tips Memilih Nama Domain

Dalam sebuah website pasti mempunya nama domain, nama domain yang simple dan unik pastinya juga akan lebih teringat oleh para pengguna internet. Sebelumnya kita mengenal dulu apa sih pengertian dari nama domain itu sendiri, untuk dapat mengerti jauh lebih dalam tentang article ini.

Dari  wikipedia, nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP.

Jadi nama domain itu begitu penting pada sebuah website yang ingin di kenal banyak orang, gampang di ingat, tidak terlalu panjang dari segi jumlah hurufnya, unik, itu beberapa point saja, untuk point selengkapnya akan dibahas di bawah. Nama domain ini juga berpengaruh kepada masalah SEO loh, ada peran penting juga di dalam sana.

Berikut kami sediakan juga beberapa point informasi untuk memilih sebuah nama domain,

  • Nama domain yang mudah di ucapkan, bagi beberapa orang ada yang melihat sebuah nama yang asing baginya akan menjadi kesulitan untuk di ucap. Jadi pilihlah susunan per huruf dengan sangat yakin bahwa orang tidak akan kesulitan dalam mengucap nama domain anda.
  • Jangan pernah menggunakan kata kunci sebagai nama domain anda, karena hal ini dapat mengurangi estetika dan ke profesioal an bisnis anda.
  • Jumlah huruf nama domain, yang sudah di bahas sebelumnya adalah nama domain yang terlalu panjang akan membuat orang tidak ingin mengingatnya, dengan begini bukan berarti juga harus dengan nama domain yang super pendek. Buatlah nama domain dengan bijak dan mudah di ingat.
  • Pilih extension nama domain yaitu .com ini yang paling banyak dan umum sepertinya dari beberapa nama domain yang sering kita jumpai. Kalo memang anda sudah kehabisan nama domain dari extension .com anda bisa menggunakan extension lain, seperti .biz .info .net dsb. Pastikan sesuai dengan bidang dari website anda, karena dari setiap masing-masing extension itu mempunyai jenisnya tersendiri loh.
  • Menggunakan jenis karakter minus (-) untuk memisahkan bagian dari kalimat domain anda, misalkan dari nama domain anda terdiri dari 2 kalimat, ada baiknya menggunakan tanda minus tersebut, seperti domainini.com di jadikan seperti domain-ini.com terlihat lebih jelas dari kalimat yang tertulis.

Itu lah beberapa tips point untuk memilih nama domain, selamat mencoba.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s